Rabu, 12 Oktober 2011

AD/ART BEM STKIP MUHAMMADIYAH ABDYA


ANGGARAN DASAR
BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA (BEM)
SEKOLAH TINGGI KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN MUHAMMADIYAH ACEH BARAT DAYA
BISSMILLAHIRRAHMANIRRAHIM
MUKADIMAH
Sesungguhnya Allah telah mewahyukan ajaran yang haq sebagai pertanda ke-Maha Adil-anNya untuk mengatur sekaligus menunjukan arah yang benar kepada umat manusia agar senatiasa berjalan sesuai dengan fitrahnya yang hanif demi terwujudnya kebahagiaan hidup didunia dan diakhirat.
Atas berkat Kasih Allah Yang Maha Pemurah, STKIP Muhammadiyah Abdya telah berhasil mempertahankan existensinya sebagai wadah yang bergelut dalam bidang pendidikan, maka sudah sepantasnya bagi seluruh civitas akademika STKIP Muhammadiyah Abdya mendukung dan mengisi wadah tersebut demi terciptanya masyarakat yang cerdas, adil dan makmur.
Sebagai bagian dari civitas akademika STKIP Muhammadiyah Abdya, maka mahasiswa sebagai generasi muda yang terdidik dan terstruktur dalam organisasi internal kampus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKIP Muhammadiyah Abdya memiliki kewajiban dan berperan aktif dalam mewujudkan cita-cita kampus secara ideal, dengan menjalin tali persaudaraan yang erat dalam masyarakat kampus STKIP Muhamadiyah Aceh Barat Daya.
BEM STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya berdiri  pada 24 jumadil akhir bertepatan pada tanggal 28 Mei 2011 yang merupakan kepengurusan perdana BEM STKIP muhammadiyah sejak diresmikannya STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya oleh pimpinan pusat Muhammadiyah.
BEM STKIP Muhammadiyah Abdya sebagai wadah dari generasi muda terdidik yang sadar akan hak dan kewajibannya sebagai organisasi internal kampus berusaha memberikan dharma bhaktinya untuk mewujudkan nilai-nilai kebenaran demi terwujudnya masyarakat kampus yang cerdas, adil dan makmur.
Demi terwujudnya cita-cita tersebut, maka diperlukan usaha-usaha secara teratur, terencana dan penuh kebijaksanaan. Atas nama Allah Yang Maha Pengasih kami mahasiswa STKIP Muhammadiyah Abdya yang tergabung dalam suatu organisasi internal kampus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) STKIP Muhammadiyah bergerak dengan pedoman berbentuk Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga sebagai berikut :



BAB I
NAMA, WAKTU DAN KEDUDUKAN
Pasal 1
Organisasi ini bernama Badan Eksekutif Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya disingkat BEM STKIP Muhammadiyah Abdya

Pasal 2
BEM STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya didirikan pada tanggal 28 mei 2011

Pasal 3
BEM STKIP Muhammadiyah Abdya berkedudukan di kampus STKIP Muhammadiyah Abdya

BAB II
ASAS, PEDOMAN DAN TUJUAN

Pasal 4
BEM STKIP Muhammadiyah Abdya berasaskan Islam.

Pasal 5
BEM STKIP Muhammadiyah Abdya berpedoman pada :
1. Kaidah Perguruan Tinggi Muhammadiyah
2. Statuta STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya
3. Tridharma Perguruan Tinggi

Pasal 6
Tujuan BEM STKIP Muhammadiyah Abdya adalah mengusahakan terbentuknya akademisi islam yang berakhlak mulia, kreatif, dan dinamis dalam bidang kemahasiswaan Pendidikan, keagamaan, kemasyarakatan dalam rangka mencapai tujuan STKIP Muhammadiyah Abdya dan Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

BAB III
USAHA

Pasal7
BEM STKIP Muhammadiyah Aceh Barat Daya berusaha:
1.      Membangun budaya koordinasi antar anggota BEM.
2.      Membangun budaya kritis dan kreatif sebagai manifestasi atas rasa solidaritas dan kepekaan sosial serta aktualisasi nilai-nilai keilmuan.
3.      Membentuk mahasiswa yang memiliki integritas moral dan intelektual.
4.      Membangun mahasiswa yang mampu mengemban tugas sebagai generasi muda bangsa dan bertakwa kepada Allah
5.       
BAB IV
Bentuk kedaulatan dan sistem


Pasal 8
BEM STKIP Muhammadiyah berbentuk kesatuan dan kekeluargaan

Pasal 9
Kedaulatan tertinggi BEM STKIP Muhammadiyah berada ditangan mahasisawa dan dilaksanakan sepenuhnya oleh lembaga tertinggi mahasiswa

Pasal 10
BEM STKIP Muhammdiyah Aceh Barat Daya berdasarkan sistem demokrasi konstitusional

BAB V
ORGANISASI

Pasal 11
Keanggotaan
Anggota BEM STKIP Muhammadiyah Abdya adalah seluruh mahasiswa STKIP Muhammadiyah Abdya yang tercatat dan aktif secara akademik.

Pasal 12
Komponen Organisasi
Komponen organisasi BEM STKIP Muhammadiyah Abdya terdiri dari:
1.      Dewan Perwakilan Mahasiswa adalah lembaga legislatif di tingkat STKIP Muhammadiyah Abdya yang selanjutnya disebut DPM STKIP – M A.
2.      Badan Eksekutif Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Abdya adalah lembaga eksekutif di tingkat STKIP Muhammadiyah Abdya yang selanjutnya disebut BEM STKIP-MA.
3.      Himpunan Mahasiswa Program Studi adalah lembaga kemahasiswaan di tingkat program studi yang selanjutnya disebut HMPS.
4.      Unit Kegiatan Mahasiswa adalah lembaga kemahasiswaan yang berorientasi pada pengembangan dan pembinaan minat dan bakat tertentu yang selanjutnya disebut UKM.

Pasal 13
Lambang
Lambing BEM STKIP Muhammadiyah Abdya
1.      Lambang matahari bertulisan Muhammadiyah dalam bahasa arab.
2.      Dua kalimah syahadah dalam tulisan arab
3.      Lukisan padi dan kapas
4.      Nama organisasi dalam bahasa indonesia
Pasal 14
Periode Kepengurusan
Periode kepengurusan organisasi BEM STKIP Muhammadiyah Abdya adalah 1 (satu) tahun.

BAB VI
SUMBER HUKUM
Pasal 15
Sumber hukum yang berlaku dalam BEM STKIP MA terdiri dari:
1.      AD/ART BEM STKIP Muhammadiyah Abdya
2.      STATUTA STKIP Muhammadiyah Abdya
3.      KAIDAH PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH





BAB VII
PERMUSYAWARATAN
Pasal 16
Permusyawaratan terdiri dari:
1.      Kongres BEM STKIP M-A adalah forum permusyawaratan tertinggi dalam organisasi BEM STKIP M-A yang diselenggarakan 1 (satu) tahun sekali.
2.      Kongres Luar Biasa BEM STKIP M-A adalah forum permusyawaratan setingkat kongres BEM STKIP M-A untuk membahas masalah yang mendesak dan tidak bisa ditangguhkan sampai kongres BEM STKIP M-A selanjutnya.
3.      Kongres Mahasiswa Program Studi adalah forum permusyawaratan tertinggi di tingkat program studi yang diselenggarakan 1 (satu) tahun sekali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar